Cara Simpel Membuat Trucuk Ropel

Cara Simpel Membuat Trucuk Ropel – Jumpa lagi dengan bang joni, pripun kabare kicau mania sedoyo??? Sae nggih, hehehe. Kenalin nih, salah satu fauna indonesia yang habitatnya banyak ditemukan dipulau jawa. Yang memiliki rombongan yang buanyak, berkicau merdu mirip cucak rawa dan bentuk fisiknya mirip dengan burung kutilang, yaitu burung trucukan atau burung cucak kebon. Burung trucukan memiliki bentuk fisik yang sama antara trucukan jantan dan trucukan betina, yang katanya membuat susah para kicau mania dalam membedakan jenis-jenis kelaminnya. Namun, ada kok sebenarnya yang membedakan jenis kelamin burung yang satu ini berdasarkan bentuk fisiknya, Ujar para kicau mania. Dalam memelihara burung trucukan agar mau berkicau dan ropel, pilih dulu jenis kelaminnya yang jantan. Karena ujar para kicau mania, burung trucukan yang jantan yang mau berkicau ropel dan keras karena suara pada burung trucukan jantan ini untuk menarik perhatian sang betina. Meskipun burung ini harganya masih relatif murah, tapi burung yang satu ini kicauannya banyak yang menyukai loh terutama ropelannya yang panjang dan ngelagu. Biasanya suara ropel panjang burung trucukan ini digunakan untuk memaster dan memancing suara burung cucak hijau dan cucak rawa agar mau bunyi ropel. Nah, gak cukup itu saja untuk membuat trucukan mau ropel. Perlu adanya perawatan harian yang baik agar burung sehat, senang hatinya dan mau bunyi ropel.

trucukan alam liar


Cara simpel membuat trucukan ropel yaitu salah satunya adalah memberikan makanan yang mengandung banyak vitamin seperti pisang kepok dan pepaya untuk buahnya, untuk voer bisa juga diberikan dalam cepuk dan menggantinya setiap dua hari sekali, dan pemberian jangkrik bisa pagi dan sore hari 2-3 ekor, bisa juga menambahkan ulat hongkong 2-3 kali dalam satu minggu. Memandikan burung trucukan juga perlu agar burung bebas dari kutu dan jinak, memandikan dengan secukupnya saja dan jemur secukupnya sehabis dimandikan kurang lebih 2 jam. Untuk pemandian lakukan minimal 2-3 kali dalam satu minggu. Bersihkan kandang setidaknya dua hari sekali agar trucukan jauh dari kutu dan penyakit. Lalu cara penempatan burung trucukan ini, “Ujar para kicau mania”, gantanglah burung tersebut didalam rumah yang atas sangkarnya dikasih genteng kaca, hal ini dilakukan agar trucukan mendapat asupan sinar matahari yang cukup serta mendapatkan keterangan meski didalam rumah yang membuat trucukan senang hatinya. Jangan terlalu sering memindahkan tempat burung trucukan tersebut kecuali saat memandikan dan menjemur diluar rumah. Usahakan jangan memindah-mindah tempat trucukan tersebut.


Demikian informasi dari kami yang bisa kami sampaikan tentang cara simpel membuat trucuk ropel. Cara diatas bisa buat referensi sobat kicau mania jaya yang lagi memelihara trucukan yang belum mau ropel. Tapi yang perlu diingat adalah bahwa setiap burung memiliki karakter dan kemauan yang berbeda-beda. Jadi dalam merawat dan membuat trucukan agar rajin berkicau dan ropel perlu kesabaran dan konsisten, mencoba berbagai cara lain selain tips diatas sampai burung trucukan sobat mau berkicau dan ropel. Selamat mencoba dan semoga sukses. Terimakasih

0 Response to "Cara Simpel Membuat Trucuk Ropel"

Posting Komentar

wdcfawqafwef