Cara Memilih Merpati Balap Sprint Yang Baik

Cara Memilih Merpati Balap Sprint Yang Baik – Setiap merpati balap minimal pasti mau untuk di giringkan namun berbeda-beda cara giringnya dan setiap merpati balap tentu berbeda karakternya. Nah, untuk itu kali ini bang joni akan memberikan tips cara memilih merpati balap yang biasa di terapkan oleh sobat-sobat pecinta merpati balap yang sudah berpengalaman dalam memilih merpati balap yang baik. Langsung saja simak tipsnya dibawah.

Cara Memilih Merpati Balap Sprint Yang Baik

Cara memilih merpati balap sprint yang baik :

1. Mata (Bening, Pupil Kecil -> penglihatannya bagus kalo burung dilepas jauh atau cuaca lg mendung/gelap)
2. Patuk (Kecil, Runcing, Keras, Hitam)
3. Leher (Sedang, Tulang Keras)
4. Bulu Skunder (Panjang, Lebar, Lidinya tebal)
5. Bulu Primer(Lebar, Rapat, Ujung Runcing, LidinyaTebal & Lurus)
6. Bulu penutup Bulu Skunder(Tebal, Halus dan Kecil-kecil)
7. Otot Dada (Daging Kenyal/elastis dan Berisi)
8. Otot Pangkal Sayap(Daging Kenyal/elastis dan Berisi)
9. Tulang Dada(Keras)
10. Supit Udang(Keras Lurus, Tidak terlalu Lebar, Jaraknya Maximal 0.5 cm)
11. Pinggang(cari pinggang yang lebar…biasanya tembakannya kenceng)
12. Kalau betina yang pinggangnya LEBAR kebanyakan telornya akan besar.
13. Ekor (Lurus Rapat pada saat MB diam, Jarak dari ujung Bulu Primer 0.5 – 1 cm) , ekor terlalu panjang biasanya tembakannya kurang kenceng.
14. Betis Kaki (Cari betis kaki yang besar, biasanya powernya lumayan)
a. Betis Kaki yg Pendek(Biasanya burung yg langkahnya pendek-pendek)
b. Betis Kaki yg Tinggi(Biasanya burung yg langkahnya Panjang-panjang)
15. Badan burung  cari yang berdiri gagah sampai ekornya menyentuh tanah/pijakan..betis kakinya pendek dan besar, biasanya itu karakter   burung yg larinya dasar/bawah, tembakannya kenceng.

Penjelasan Rincinya :

1. Carilah burung yang SEIMBANG antara Badan, Sayap, Ekor, Leher, Kepala.
2. HINDARI Burung yang berbadan Besar tapi Sayap Pendek/Kecil ”

Penjelasan detailnya :

1. Calon indukan merpati balap sprint idealnya tidak terlalu besar. Agar lebih yakin, si calon perlu menjalani tes kelayakan. Ia perlu diraba dari kepala, mata, dada, sayap hingga ekor.

2. Bentuk kepala yang bagus membulat mirip kepala pesawat jet tempur.

3. Leher Merpati Sprint kebanyakan tidak terlalu panjang, yang ideal yang sedang dengan tulang leher keras.

4. Pilih calon merpati balap berdada besar membentuk bidang segitiga. Tujuannya agar kemampuan menyimpan oksigen selama terbang tinggi. Pasalnya oksigen itu mengurangi asam laktat penyebab kelelahan otot.

5. Tulang pembentuk dada pun harus bulat melengkung ke arah kloaka (anus). Ketika diraba, otot di sekeliling tulang terasa halus agak lembek. Tetapi mendekati kloaka, otot sumpit (kandung kemih) keras dan lurus.

6. Organ gerak paling penting adalah sayap. Setiap calon merpati balap harus memiliki OTOT PANGKAL SAYAP kuat agar kepakan semakin cepat. Idealnya, otot pangkal sayap ketika diraba kenyal, elastis dan padat sehingga burung tak cepat lelah ketika terbang.

7. Bulu merupakan bagian terpenting dari sayap. Setiap burung umumnya ditutupi buku. Ia terbagi menjadi 3 bagian, yakni bulu penutup sayap, sekunder, dan primer. Tetapi pada merpati balap, justru bulu primer penentu baik tidaknya sang burung untuk berpacu.

8. Bulu primer berfungsi sebagai penyeimbang dan alat rem sewaktu mendarat. Ia berjumlah 10 helai. Saat dibentangkan, posisi ke-10 bulu itu HARUS RAPAT, beraturan dan serasi. Ukuran Bulu Primer di usahakan cari yang LEBAR , TULANG BULU TEBAL, BULAT, LURUS, LENTUR.  Secara alami sehelai bulu akan rontok setiap bulan.

9. Bulu Skunder memegang peranan penting dlm kecepatan, carilah bulu yang LEBAR,PANJANG,TEBAL dan pastikan pangkal sayap nya berotot dengan dagingnya LENTUR jangan KERAS.

10. Bulu luar /bulu penutup sayap, carilah yang kecil-kecil dan rapat menutupi bulu skunder.

11. Cari Merpati dengan Pinggangnya LEBAR agar Tembakannya Lurus+Kencang, dan kalau betina yang pingganya lebar maka telornya akan besar/kualitas dan betina tsbt cocok bila dijadikan Induk

12. Ekor Merpati balap kebanyakan yang bagus yang memiliki ekor yang  LURUS, KERAS, RAPAT Lebih PANJANG 1 cm dari Ujung Bulu Primer, tidak bengkok atau lembek apalagi galing.

13. Pupil Mata Kecil (agar pembesarannya maksimal bila melihat objek yang jauh), juga agar mampu melihat betina dari jarak pandang jauh, Dalam lomba, jarak pandang sang jantan pada betina kelepekan menentukan hasil akhir. Semakin kepakan betina terlihat, makin cepat sang jantan melakukan sprint. Oleh karena itu lingkaran pupil di mata harus bisa membesar dan mengecil untuk mengukur jarak.

14. Warna mata juga member indikasi kecepatan terbang. Merpati balap memiliki warna mata lebih merah. “Ia terlihat garang dan sadis. Semua merpati balap juara mempunyai warna mata itu.

15. Paruh, walo tidak mutlak Saran Saya carilah Paruh yang kecil,panjang,tajam dan hitam…pengalaman saya burung dengan paruh tsbt rata-rata galak,ngotot dan punya kemampuan sprint yang bagus.

Demikian tips dari bang joni tentang cara memilih merpati balap yang baik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara Memilih Merpati Balap Sprint Yang Baik"

Posting Komentar

wdcfawqafwef